Digital Signage dengan AI telah menjadi norma dalam strategi pemasaran dan komunikasi. Dari digunakan sebagai alat pencarian jalan hingga mempermudah layanan mandiri di sektor restoran, hotel, dan bandara, perusahaan menggabungkan keefektifan reklame digital dalam berbagai konteks.
Meskipun teknologi ini merupakan kemajuan dari metode signage tradisional, ada juga upaya untuk terus mengembangkannya dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi terkini. Salah satu perkembangan terbaru dalam perangkat lunak reklame digital yang berbasis cloud adalah integrasinya dengan kecerdasan buatan generatif dan pembelajaran mesin.
Apa itu AI Generatif?
Kecerdasan buatan generatif (AI) adalah bagian pembelajaran mesin di mana komputer membuat konten baru menggunakan data dan pengetahuan yang diperoleh dari konten sebelumnya. Ia menggunakan algoritma yang belajar dari topik sebelumnya dan belajar sendiri melalui mekanisme yang disebut pembelajaran mendalam.
Intinya, AI generatif adalah mesin pembelajaran yang mengadopsi dan mengembangkan pengetahuannya tentang suatu topik tertentu seiring dengan semakin banyaknya data yang masuk. Hasilnya, ia mampu membuat konten baru, baik gambar, video, audio, teks, atau kode, yaitu otentik dan asli.
Bagaimana Digital Signage dengan Ai Digunakan?
Berikut adalah beberapa dampak positif yang dihasilkan oleh Digital Signage dengan AI dalam meningkatkan solusi reklame digital.
Koleksi Data
Digital signage pada dasarnya berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada audiens yang dituju. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, merek telah menggunakan kemampuan pengumpulan data dan analitik dari papan reklame digital, memanfaatkan tampilan mereka untuk mendapatkan informasi tentang demografi dan perilaku pemirsa.
Penggunaan Digital Signage dengan AI dapat meningkatkan kemampuan reklame digital dalam mengumpulkan data dengan menambahkan fitur-fitur generasi berikutnya, seperti pengenalan wajah dan sensor. Dengan adanya teknologi ini, bisnis dapat mendapatkan data yang lebih berharga dan unik tentang pelanggan mereka.
Pengalaman Pengguna yang Dipersonalisasi
Ketika konsumen menginginkan pengalaman yang lebih pribadi dengan merek, teknik pemasaran dan periklanan tradisional tidak lagi memberikan hasil yang optimal. Saat ini, setiap bisnis berusaha untuk memberikan pengalaman yang unik kepada setiap pelanggan.
Meskipun kecerdasan buatan (AI) menjadi topik yang sering diperdebatkan karena kurangnya aspek manusiawi, AI tetap menjadi alat yang digunakan manusia untuk memberikan pengalaman khusus yang diinginkan oleh konsumen. Fakta ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa manusia merespons AI seakan-akan AI tersebut memiliki sifat manusiawi.
Antarmuka interaktif
Selain menginginkan pengalaman yang lebih pribadi, konsumen juga ingin memiliki kendali lebih besar atas interaksi mereka dengan merek. Terdapat tren meningkat dalam preferensi terhadap solusi layanan mandiri yang membuat transaksi lebih efisien dan memberikan pengguna akses cepat ke informasi.
Penggunaan kecerdasan buatan (AI) dapat mempermudah implementasi signage digital yang interaktif. Dalam bentuk tampilan layar sentuh, fitur signage interaktif memungkinkan pengguna untuk mengatur perjalanan mereka sendiri. Memilih konten yang paling menarik bagi mereka, membaca dengan cermat tentang produk yang mereka pertimbangkan untuk dibeli. Sekaligus melalui proses pemesanan tanpa menunggu bantuan staf.
Pembelajaran Mendalam
Pembelajaran mendalam adalah suatu mekanisme di mana kecerdasan buatan (AI) belajar dari informasi dan pola yang telah ada sebelumnya untuk menghasilkan pengetahuan baru. Mirip dengan cara otak manusia memproses data untuk mendukung pengambilan keputusan. Ketika diterapkan pada ranah Digital Signage dengan AI, mampu menggunakan mekanisme pembelajaran mendalam. Fungsinya untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar. Sekaligus memberikan respons secara langsung.
Tidak hanya memberikan wawasan yang unik dan berharga kepada bisnis mengenai pelanggan mereka, AI dalam konteks reklame digital juga dapat mengotomatiskan proses pengiriman konten yang disesuaikan.
Bahkan mampu menarik kesimpulan, dan merespons situasi yang unik berdasarkan pembelajaran dan pola pikirnya. Seiring waktu berjalan, kemampuan AI untuk terus belajar dari data yang terakumulasi membantu meningkatkan respons dan tindakan yang dihasilkannya.
Konten Relevan
Kelebihan papan reklame digital terletak pada kemampuannya menyajikan konten yang sesuai dengan lokasi dan waktu. Integrasi kecerdasan buatan (AI) dapat meningkatkan fitur. Sekaligus memungkinkan penyesuaian konten berdasarkan variabel seperti kondisi cuaca, suhu, serta karakteristik demografis dan perilaku konsumen.
Sebagai contoh, papan reklame digital yang menggunakan AI dapat diatur untuk menampilkan iklan payung ketika hujan turun. Pada sore hari dengan cuaca panas, signage digital dapat disesuaikan untuk menampilkan iklan es krim atau minuman segar.
Kesimpulan
Dengan kemunculan teknologi terkini, solusi Digital Signage dengan AI dapat memberikan lebih banyak nilai tambah kepada bisnis dan konsumen. Inovasi seperti kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin menjadi pendorong utama yang memperkaya fitur reklame digital. Sekaligus meningkatkan manfaatnya secara signifikan.